Sabtu, 18 Januari 2014

TELAH MENABUNG SECARA RUTIN DAN SETIA MEMBAYAR UANG IURAN UNTUK REGUNYA YANG DIPEROLEH DARI USAHANYA SENDIRI (SKU Penggalang Ramu point 18)

TELAH MENABUNG SECARA RUTIN DAN SETIA MEMBAYAR UANG IURAN UNTUK REGUNYA YANG DIPEROLEH DARI USAHANYA SENDIRI

Pada point ini seorang calon anggota Penggalang Ramu harus membiasakan diri untuk menabung secara rutin. Berapapun uang yang kita miliki, harus disisihkan untuk kita tabung. Ada pepatah yang tidak asing di telinga masyarakat kita bahwa hemat pangkal kaya. Maksud hemat di sini adalah tidak membelanjakan uang kalau tidak untuk hal-hal yang penting saja dan berupaya selalu menyisihkan uang untuk ditabung.
Menghamburkan uang melalui pembelanjaan tentang sesuatu hal yang tidak diperlukan merupakan gaya hidup boros. Membelanjakan uang pada sesuatu yang tidak diperlukan merupakan kemubaziran. Mubazir adalah sesuatu yang dibenci oleh Allah SWT. Jadi, budayakanlah hidup hemat dengan cara rajin menabung dan cermat dalam mempergunakan uang kita pada barang-barang yang sekiranya sangat diperlukan saja.
Selain itu, seorang calon anggota Penggalang Ramu harus setia membayar uang iuran untuk regunya tanpa ditagih oleh bendahara atau juru uang yang diperoleh dari usahanya sendiri. Yang di maksud dengan diperoleh dari usahanya sendiri yaitu kita membayar iuran dari uang kita sendiri (uang jajan/uang saku karena belum bekerja) bukan minta uang secara khusus kepada orang tua untuk membayar iuran, akan tetapi iuran itu dibayar dengan menyisihkan uang jajan/uang saku yang diperolehnya dari orang tua.
Besarnya iuran disesuaikan dengan kemampuan ekonomi anggota Penggalang dan disepakati bersama melalui Musyawarah Penggalang yang dihadiri oleh pemimpin dan wakil pemimpin regu, pemimpin dan bendahara pasukan, Dewan Penggalang dan dibimbing oleh Pembina Gugus Depan.
Uang Iuran ini dipergunakan untuk keperluan Kegiatan Kepramukaan di Gugus Depan itu sendiri dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan dengan penuh kejujuran.




























































































































































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar