Senin, 01 Februari 2016

DAPAT MEMBUAT DAN MENGGUNAKAN SIMPUL MATI, SIMPUL HIDUP, SIMPUL ANYAM, SIMPUL TIANG, SIMPUL PANGKAL DAN DAPAT MENYUSUK TALI, MEMBUAT IKATAN SERTA MENYAMBUNG DUA TONGKAT (SKU Penggalang Ramu point 22)

DAPAT MEMBUAT DAN MENGGUNAKAN SIMPUL MATI, SIMPUL HIDUP, SIMPUL ANYAM, SIMPUL TIANG, SIMPUL PANGKAL DAN DAPAT MENYUSUK TALI, MEMBUAT IKATAN SERTA MENYAMBUNG DUA TONGKAT

Pramuka identik dengan tali menali/simpul-simpul. Maka pada point 22 ini, seorang calon anggota Penggalang Ramu harus bisa membuat dan menggunakan simpul-simpul, menyusuk tali, membuat ikatan dan menyambung dua tongkat.
Pada kesempatan ini, penulis tidak memaparkan secara gamblang dari simpul, menyusuk tali dan membuat ikatan, hal ini dikarenakan keterbatasan literatur/saduran dan juga keterbatasan pengetahuan dan keterampilan penulis pada aspek tali menali maupun pioneering.
Menyimak dari alasan di atas, tidak menjadi alasan bahwa calon anggota Penggalang Ramu terus berupaya untuk mencari sumber yang lain untuk melengkapi pengetahuan dan keterampilan dalam bidang tali-menali maupun pioneering ini.
1.       Simpul Mati
Simpul mati gunanya untuk menyambung dua utas tali yang sama besar dan tidak licin.
Adapun tatacara membuat simpul mati ini yaitu dapat dilihat pada gambar :


2.       Simpul Hidup
Simpul hidup berguna untuk mengikat dan dapat dilepaskan dengan cepat. Berikut gambar dari cara membuat simpul hidup :

3.       Simpul Anyam
Simpul anyam berguna untuk menyambung dua utas tali yang tidak sama besar dan dalam keadaan kering. Adapun tatacara membuat simpul anyam dapat dilihat pada gambar :




4.       Simpul Tiang
Simpul tiang berfungsi untuk mengikat sesuatu sehingga yang diikat masih dapat bergerak dengan leluasa, misalnya untuk mengikat leher binatang agar tidak tercekik. Berikut adalah gambar tatacara membuat simpul tiang :


5.       Simpul Pangkal
Fungsi dari simpul pangkal yaitu untuk mengikat tali pada tiang melalui suatu ikatan. Berikut ini adalah gambar tatacara membuat simpul pangkal :

Untuk tata cara menyusuk tali, membuat ikatan dan menyambung dua tongkat belum dapat dijelaskan pada edisi ini, Insha Allah di lain kesempatan penulis akan mencoba menterbitkan buku kembali yang khusus mengkupas secara tajam tentang simpul-simpul, ikatan, menyusuk tali dan model-model pioneering yang lainnya.




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar