Senin, 25 Januari 2016

PROPOSAL SPONSORSHIP LOMBA LINTAS ALAM TINGKAT PENGGALANG SD/MI SE-KECAMATAN CARINGIN KE-VII TAHUN 2016 GERAKAN PRAMUKA SAKA TARUNA BUMI KWARTIR RANTING CARINGIN

PROPOSAL SPONSORSHIP


LOMBA LINTAS ALAM TINGKAT PENGGALANG SD/MI SE-KECAMATAN CARINGIN KE-VII TAHUN 2016
GERAKAN PRAMUKA SAKA TARUNA BUMI KWARTIR RANTING CARINGIN





 



                                                                                                                                                                                       









S A T U A N   K A R Y A   T A R U N A   B U M I
K W A R T I R   R A N T I N G   C A R I N G I N   K A B .   B O G O R
Skretariat : Jln. Snakma, Kp. Cisalopa Rt. 04/01, Ds. Pasirbuncir,
Kec. Caringin Kab. Bogor Kode Pos 17630
SATUAN KARYA TARUNA BUMI KWARTIR RANTING CARINGIN
PANITIA PELAKSANA LOMBA LINTAS ALAM TINGKAT PENGGALANG SD/MI
ke-7 se-KECAMATAN CARINGIN
Skretariat : Jln. Snakma, Kp. Cisalopa Rt. 04/01, Ds. Pasirbuncir, Kec. Caringin
Kab. Bogor Kode Pos 17630
 


Nomor                  : 01/02/Panpel LLA.7-16/I/16                                                                    Bogor, 25 Pebruari 2016
Lampiran             : 1 Bundel Proposal
Hal                          : Permohonan Bantuan Sponsorship

Kepada Yth.
.................................................................
Di –
                Tempat
 



Salam Pramuka,
Semoga Allah swt melimpahkan Ridho dan Rahmat-Nya kepada kita semua serta Salam dan Shalawat kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW.
Kami atas nama Panitia LLA 7-16 akan mengadakan kegiatan Lomba Lintas Alam tingkat Penggalang SD/MI se-Kecamatan Caringin ke-7 yang Insha Allah akan diselenggarakan pada tanggal 5 Maret 2016 yang bertempat di Lapangan Volly Kampus STPP Jurluhnak Desa Pasirbuncir Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor.
Sehubungan dari itu, kami memohon kerja samanya dalam mensukseskan acara tersebut.
Atas perhatian dan kerjasamanya kami mengucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT membalas amal baik dan meridhoi niat kita semua. Aamiin.


Ketua Panitia




Muhammad Abi Tholib Janaki
Sekertaris




Aulia Armelita
 







Tembusan : Kwartir Ranting Caringin
LEMBAR PENGESAHAN
PANITIA PELAKSANA LOMBA LINTAS ALAM TINGKAT PENGGALANG SD/MI
ke-7 se-KECAMATAN CARINGIN
Skretariat : Jln. Snakma, Kp. Cisalopa Rt. 04/01, Ds. Pasirbuncir, Kec. Caringin Kab. Bogor Kode Pos 17630
                                                                                             

Ketua Panitia




Muhammad Abi Tholib Janaki
Sekertaris




Aulia Armelita
 



         




Pamong Saka Taruna Bumi
Wilayah BP3K Caringin



Muhammad Iqbal Munazir, SST.
Pamong Saka Taruna Bumi




Andri Kiswantoro, SST.
Mengetahui,








Kepala Desa Pasirbuncir




Komarudin Jaelani
Menyetujui,





PROPOSAL SPONSORSHIP
PANITIA PELAKSANA LOMBA LINTAS ALAM TINGKAT PENGGALANG SD/MI
ke-7 se-KECAMATAN CARINGIN
Skretariat : Jln. Snakma, Kp. Cisalopa Rt. 04/01, Ds. Pasirbuncir, Kec. Caringin Kab. Bogor Kode Pos 17630
 


A.   Latar Belakang
Saka Taruna Bumi, adalah wadah bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk melaksanakan kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa tanggung jawab terhadap pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup dengan mensosialisasikan melalui kegiatan Penyuluhan baik secara formal maupun informal kepada Pramuka di bawahnya tingkat Penggalang maupun Siaga.
Kemajuan Gerakan Pramuka akibat dari sistem Majelis Pembimbing yang dijalankan di tiap tingkat, dari tingkat Nasional sampai tingkat Gugus Depan. Mengingat kira-kira 80 % penduduk Indonesia tinggal di pedesaan dan 75 % adalah petani maka tahun 1961 Kwarnas Gerakan Pramuka menganjurkan supaya para pramuka mengadakan kegiatan di bidang pembangunan desa. Pelaksanaan anjuran ini terutama di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur menarik perhatian Pimpinan Masyarakat. Maka tahun 1966 Menteri Pertanian dan Ketua Kwartir Nasional mengeluarkan instruksi bersama pembentukan Satuan Karya Taruna Bumi.
Pembinaan Saka Taruna Bumi dilakukan oleh Gerakan Pramuka bekerja sama dengan Kementrian  Pertanian dalam hal ini adalah Penyuluh Pertanian dan LSM Lingkungan Hidup/Lembaga Profesional terkait.
Tujuan pembentukan Saka Taruna Bumi adalah untuk memberi wadah pendidikan di bidang Pertanian kepada anggota Gerakan Pramuka terutama para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, agar mereka dapat membantu, membina dan mengembangkan kegiatan pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup, melaksanakan secara nyata, produktif dan berguna bagi Pramuka Penegak dan Pandega sebagai baktinya terhadap pembangunan masyarakat, bangsa dan Negara.
Sasaran kegiatan Saka Taruna Bumi adalah agar para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang mengadakan kegiatan Penyuluhan kepada adik-adik Pramuka tingkat Penggalang melalui kegiatan Lomba Lintas Alam:
1.    Memiliki rasa cinta dan tanggungjawab terhadap bumi dengan segala isi dan kekayaan yang terkandung di dalamnya, serta kesadaran untuk memelihara dan melestarikannya.
2.    Memiliki tambahan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan di bidang pertanian yang dapat mengembangkan pribadinya.
3.    Memiliki disiplin dan tanggung jawab yang lebih mantap untuk memelihara kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup.
4.    Mampu menyelenggarakan kegiatan-kegiatan Saka Taruna Bumi secara positif, berdaya guna dan tepat guna, sesuai dengan bakat dan minatnya sehingga berguna bagi pribadinya, masyarakat, bangsa dan negara.
5.    Mampu menyebarluaskan pengetahuan, keterampilan dan kecakapannya kepada Pramuka Siaga dan Pramuka Penggalang serta anggota lainnya.
Berdasarkan pemikiran di atas maka kami selaku Generasi Muda yang tergabung dalam Gerakan Pramuka Saka Taruna Bumi dibawah naungan Kementrian Pertanian, mempunyai kewajiban untuk ikut serta mempersiapkan dan melatih mental para generasi muda supaya menjadi Pemimpin kreatif tangkas dan cerdas.
Di antaranya dengan mengadakan berbagai kegiatan tentunya, salah satunya adalah mengadakan Lomba Lintas Alam Tingkat Penggalang SD/MI ke-VII se-Kecamatan Caringin. Berlandaskan Dasa Dharma dan Tri Satya, peserta didik dibina menjadi Manusia dinamis serta berguna bagi dirinya sendiri khususnya dan masyarakat disekitarnya pada umumnya, saling tolong menolong, mengasihi dan memahami antara sesama untuk kepentingan yang lain dan berdiri di atas dan untuk semua golongan. Sehingga tidak menutup kemungkinan para pemimpin-pemimpin bangsa Indonesia di masa yang akan datang akan bermunculan kader-kader ini.
Sebagai implementasi dari hal di atas kami Gerakan Pramuka Saka Taruna Bumi merasa perlu memberikan alternatif kegiatan yang dapat mendukung apa yang di maksudkan dan terkandung dalam Dasa Dharma dan Tri Satya, berupa Lomba Lintas Alam Tingkat Penggalang SD/MI ke-VII se-Kecamatan Caringin, sebagai ajang untuk mengukur potensi, kreatifitas, cerdas tangkas serta kredibilitas seluruh peserta didik dan para Pembina Gerakan Pramuka.

B.    Tema
Lomba Lintas Alam Tingkat Penggalang SD/MI ke-VII se-Kecamatan Caringin ini bertemakan:
“Mewujudkan Kepanduan yang Bangga Kepada Dunia Pertanian”

C.    Kegiatan
Kegiatan LLA.7-16 diantaranya:
*   Lomba Lintas Alam
*   Lomba Yel-yel
*   Penyuluhan Pertanian
*   Menanam tanaman hortikultura




D.   Tujuan
1.    Memperkenalkan bahwa bertani merupakan salah satu pekerjaan yang termasuk Sunnah Rasulallah SAAW
2.    Menanamkan jiwa fastabiqul khoiroot (Berlomba-lomba dalam kebaikan)
3.    Memupuk rasa percaya diri, daya kreatifitas dan ketangkasan peserta lomba
4.    Menjalin silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah antar pelajar
5.    Memeriahkan Hari jadi Gerakan Pramuka Saka Taruna Bumi Kwartir Ranting Caringin.

E.    Peserta
Lomba Lintas Alam Tingkat Penggalang SD/MI ke-VII se-Kecamatan Caringin ini diikuti oleh anggota Pramuka tingkat Penggalang SD/MI yang berada di wilayah Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor.

F.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan
Hari/Tanggal                : Sabtu, 5 Maret 2016
Waktu                            : 07.00 s.d 15.00 WIB
Tempat                          : Lapangan Volly Kampus STPP Jurluhnak Kampung Cisalopa Desa Pasirbuncir
  Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor

G.   Pendanaan
Sumber dana Insha Allah kami peroleh dari:
1.    Biaya pendaftaran
2.    Donatur
3.    Sponsor

H.     Penyelenggara
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Saka Taruna Bumi Kwartir Ranting Caringin.

I.      Susunan Panitia
Adapun susunan Panitia Lomba Lintas Alam Tingkat Penggalang SD/MI ke-VII se-Kecamatan Caringin Terlampir.

J.        Sponsorship
Kami sebagai panitia Lomba Lintas Alam Tingkat Penggalang SD/MI ke-VII se-Kecamatan Caringin memberi kesempatan kepada perusahaan/instansi atau atas nama pribadi untuk ikut berpartisipasi mensponsori kegiatan kami. Adapun bantuan dana yang kami butuhkan dari Sponsorship dapat dilihat pada lampiran Anggaran Biaya.

K.      Anggaran Biaya
Adapun kebutuhan Anggaran Biaya Lomba Lintas Alam Tingkat Penggalang SD/MI ke-VII se-Kecamatan Caringin Terlampir.

L.       Penutup
Membina dan mengembangkan potensi generasi muda adalah suatu kewajiban, agar terbentuk generasi muda yang kreatif,  menjadi generasi muda yang bermoral dan berguna. Oleh karena itu melalui kegiatan yang akan kami laksanakan mudah-mudahan mampu membentuk generasi muda yang dinamis. Melalui kegiatan ini pula kami memohon kepada semua pihak untuk membantu mensukseskan kegiatan yang akan kami laksanakan.
Partisipasi dari semua kalangan sangat kami harapkan, dan mudah-mudahan apa yang Bapak/Ibu berikan baik moral maupun materil dibalas oleh Allah swt dengan balasan yang berlipat ganda. Akhir kata dengan penuh harap semoga Allah swt meridhoi dan memberi kelancaran kepada kegiatan kita ini. Aamiin Allahuma Aamiin.



















Lampiran 1...
SUSUNAN PANITIA
PANITIA PELAKSANA LOMBA LINTAS ALAM TINGKAT PENGGALANG SD/MI
ke-7 se-KECAMATAN CARINGIN
Skretariat : Jln. Snakma, Kp. Cisalopa Rt. 04/01, Ds. Pasirbuncir, Kec. Caringin Kab. Bogor Kode Pos 17630
 


1.       Pelindung                                                             : - Kepala Desa Pasirbuncir
2.       Penasehat                                                            : - Kwartir Ranting Caringin
- Pamong Saka Taruna Bumi Kwartir Ranting Caringin
- Pamong Saka Taruna Bumi BP3K Wilayah Caringin
3.       Penanggung Jawab Kegiatan                        : Ari Ramansyah
4.       Ketua Panitia                                                       : Muhammad Abi Tholib Janaki
5.       Sekertaris                                                             : - Aulia Armelita
- Tiara S Febriani
6.       Bendahara                                                            : - Elsa Novianti
- Ucu
- Muhammad Abdulloh
7.       Koord. Wilayah                                                   : 1. Idi Bombom, Wahyu, Harianzen, Kipas Susilawati
  2. Febri, Ira, Zia, Yulia Komalasari
  3. Diki, Irwan, M. Supriadi, Miftah
8.       Sie. Acara                                                              : - Putri Puspa Ningrum
-   Shaliha Azzahra
9.         Sie. Pendaftaran                                               : Siti Salma Nuraulia & Rosita Oktaviani
10.     Sie. Humas                                                          : - Ades & Iking
11.     Sie. Logistik                                                         : - Rifki                                  - Wawi
- Hilman                             - Dani
- M. Diki S                          - M. Nasrudin
- Irwan                                - Putri
- Anggun                            - Risa
12.     Sie. Dokumentasi                                             : Siti Nurmala, Tasya Amanda, Ajizah
13.     Sie. Keamanan                                                  : Zulfikar, Herman, Idham, Haikal, Hari
14.     Sie. Kesehatan                                                  : Puji, Dina, M. Ilham Fauzi, Putri, Andini, Siti Nurhikmah
15.     Sie. Survay                                                          : Seluruh Panitia LLA.7-16



Lampiran 2...
ANGGARAN BIAYA
PANITIA PELAKSANA LOMBA LINTAS ALAM TINGKAT PENGGALANG SD/MI
ke-7 se-KECAMATAN CARINGIN
Skretariat : Jln. Snakma, Kp. Cisalopa Rt. 04/01, Ds. Pasirbuncir, Kec. Caringin Kab. Bogor Kode Pos 17630
 


KESEKRETARIATAN
1. Pembuatan proposal............................................................................................ Rp  100.000,-
2.  Pembuatan dan penggandaan surat.................................................................... Rp    50.000,-
3.  Penyebaran proposal dan surat ..........................................................................  Rp    50.000,-
4.  ATK            ............................................................................................................ Rp    50.000,- +
Jumlah    ............................................................................................................ Rp  250.000,-


PERLENGKAPAN DAN LOGISTIK
1. Label panitia @ Rp 3000,- X 25 orang..................................................................... Rp     75.000,-
2. Soundsystem....................................................................................................... Rp.  200.000,-
3. Label peserta (pemimpin regu) @ Rp 3000,- X 50 regu........................................... Rp   150.000,-
4. Spanduk/Barner.................................................................................................. Rp   200.000,-
5. Sertifikat @ Rp. 5000 X 30 kategori........................................................................ Rp.  150.000,-
6. Trophy Kejuaraan @ Rp 100.000,- X 10 set............................................................. Rp 1.000.000,- +
Jumlah............................................................................................................... Rp 1.775.000,-


KONSUMSI
1. Konsumsi tamu @ Rp 20.000,- X 10 orang.............................................................. Rp 200.000,-
2. Konsumsi panitia Rp 10.000,- X 25 orang................................................................ Rp 250.000,- +
Jumlah............................................................................................................... Rp 450.000,-


PUBLIKASI dan DOKUMENTASI
Cuci cetak + Album.................................................................................................. Rp 200.000,-


PERTOLONGAN PERTAMA GAWAT DARURAT ( PPGD )
Obat-obatan........................................................................................................... Rp 200.000,-
HONOR JURI & BIAYA TAK TERDUGA
Honor Juri 10 orang X Rp. 100.000,-........................................................................... Rp 1.000.000,-
Biaya tak terduga..................................................................................................... Rp 500.000,- +
Jumlah.................................................................................................................... Rp 1.500.000,-


REKAPITULASI ANGGARAN
A.     Pengeluaran
1. Kesekretariatan ............................................................................................ Rp      250.000,-
2. Perlengkapan dan Logistik.............................................................................. Rp   1.775.000,-
3. Konsumsi....................................................................................................... Rp      450.000,-
4. Publikasi dan Dokumentasi............................................................................. Rp      200.000,-
5. PPGD............................................................................................................. Rp      200.000,-
6. Honor Juri & Biaya Tak Terduga....................................................................... Rp   1.500.000,- +
    Jumlah........................................................................................................... Rp  4.375.000,-
           Terbilang : (Empat Juta Tiga Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah).

B.      Pemasukan
1. Biaya Pendaftaran @ Rp. 10.000,- X 50 regu.................................................... Rp  500.000,-
2. Donatur......................................................................................................... Rp  ............,-
3. Anggota Saka Taruna Bumi............................................................................. Rp  200.000,-
7. Sponsorship................................................................................................... Rp  ............,- +
    Jumlah Sementara......................................................................................... Rp  700.000,-
           Terbilang : (Tujuh Ratus Ribu Rupiah).
C.      Kekurangan Anggaran
1. Pengeluaran.................................................................................................. Rp. 4.375.000,-
2. Pemasukan Sementara.................................................................................. Rp.     700.000,- -
            Defisit............................................................................................................ Rp. 3.675.000,-
            Terbilang : (Tiga Juta Enam Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar